Menghentikan Kebiasaan Buruk

Menghentikan Kebiasaan Buruk

Apakah ada sesuatu yang Anda sukai atau tidak bisa berhenti lakukan setiap hari? Mungkin Anda benar-benar harus memulai hari dengan minum kopi atau Anda akan lemas. Atau, mungkin itu sesuatu yang lebih sederhana, seperti memutar-mutar rambut Anda setiap kali Anda berpikir keras, atau mengetuk jari Anda setiap kali Anda merasa tidak sabar.

Bagaimana kebiasaan itu terbentuk? Apakah itu sesuatu yang ingin Anda terus lakukan, atau itu adalah sesuatu yang Anda lebih suka  untuk dihilangkan? Dan yang paling penting, bagaimana hal itu memengaruhi hidup Anda?

Kebanyakan orang ingin belajar bagaimana mengendalikan kebiasaan mereka. Baik itu mencoba berhenti merokok, mempertahankan pola makan yang sehat atau tidur lebih awal, kebiasaan bisa sulit dikendalikan. Hal itu adalah perilaku yang berkembang dan terjadi tanpa sadar; namun mereka juga memiliki dampak terbesar dalam hasil dari kesuksesan apakah Anda menyadarinya atau tidak.

Kebiasaan Mengatur Hidup Anda.

Banyak orang tidak menganggap kebiasaan sebagai faktor kunci keberhasilan pribadi mereka karena mereka menganggapnya sebagai rutinitas. Ini karena kebanyakan orang menekankan faktor eksternal ketika melihat kesuksesan. Mereka mungkin mempertimbangkan keberuntungan, latar belakang pendidikan atau keluarga ketika menentukan keberhasilan. Sementara sebagian besar kebiasaan internal, sering diabaikan.

Kebenarannya adalah, kebiasaan adalah faktor inti yang mengatur hampir setiap aspek kehidupan kita. Mereka bertanggung jawab atas sebagian besar tindakan kita setiap hari dari besar ke kecil: rutinitas pagi Anda, di mana Anda biasanya makan siang, atau bahkan rute yang Anda ambil untuk bekerja dan kembali ke rumah. Ini semua kebiasaan!

Jika Anda adalah seseorang yang memiliki kemauan keras yang kuat, atau disiplin yang tinggi, maka itu sangat bagus. Anda mungkin menemukan bahwa melanggar kebiasaan buruk atau berpegang pada kebiasaan baik baru tidak terlalu sulit. Tetapi bagi sebagian besar dari kita, itu bisa menjadi masalah nyata.

Jadi bagaimana cara seseorang menghentikan kebiasaan?

Memperbaiki Kebiasaan

Untungnya, kebiasaan bisa dijinakkan; dan, setelah Anda mendapatkan kontrol penuh atas hal tersebut, Anda akan menyadari dan  mengarahkan hidup Anda menuju pencapaian dan kemajuan yang lebih besar.

Jadi, perbaikilah kebiasaan untuk Anda.

Cara di mana kebiasaan terbentuk dapat digambarkan sebagai Loop Habit. Loop Habit adalah siklus yang mengatur bagaimana setiap bentuk dan fungsi kebiasaan.

Ini terdiri dari tiga komponen utama:

  1. Tanda atau isyarat
  2. Rutin
  3. Penghargaan atau hadiah


  1. Cue Tanda atau isyarat

Tanda atau isyarat adalah sesuatu yang memicu kebiasaan Anda. Itu mungkin suatu peristiwa, tindakan, perasaan, orang, atau bahkan keadaan emosional.

  1. Routine Rutinitas

Rutinitas adalah perilaku yang mengikuti setelah kebiasaan Anda dipicu. Karena kebiasaan menggunakan ‘autopilot’, rutinitas biasanya merupakan urutan tindakan yang sama yang dilakukan setiap waktu.

  1. Reward Penghargaan atau Hadiah

Hadiah adalah penguatan positif yang diidentifikasi oleh otak Anda dengan Rutin yang baru saja Anda ambil. Itu mengaitkan Rutin dengan Isyarat; jadi, otak Anda ingat untuk mengulangi perilaku itu lagi untuk mendapatkan Hadiah yang sama di masa depan.

Melihat loop sederhana ini, Anda dapat melihat bahwa pelakunya dari semua kebiasaan buruk dimulai dari tanda atau isyarat. Itulah yang memicu mulainya Loop Habit.

Mari gunakan contoh populer dari kebiasaan buruk: Merokok.

Mungkin Anda mungkin merasa stres (tanda atau isyarat) setelah pertemuan panjang. Anda memutuskan untuk mengambil sedikit istirahat dan menyalakan rokok (Rutinitas). Saat merokok, Anda mulai merasa tenang dan rileks dari deru nikotin, memberi Anda sensasi kepuasan fisik (Hadiah). Akibatnya, Anda melanjutkan rutinitas ini setiap kali Anda merasa stres atau ingin bersantai.

Di sini, Anda dapat melihat bahwa tanda atau isyarat adalah titik awal untuk setiap kali Anda melewati Loop Habit. Secara teoritis, tanpa tanda atau isyarat untuk memicu kebiasaan Anda, Rutinitas atau perilaku Anda tidak akan mengikuti dan Hadiah tidak akan tercapai. Ketika setiap bagian dari Loop Habit rusak, itu adalah titik lemah potensial, yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda menghentikan kebiasaan Anda.

Saatnya Mengendalikan tanda atau isyarat Anda

Ini berarti bahwa langkah pertama untuk mengendalikan kebiasaan Anda adalah mengendalikan tanda atau isyarat Anda. Kembalilah ke kebiasaan khusus yang saya minta Anda pikirkan di awal. Dapatkah Anda mengidentifikasi isyarat yang memulai kebiasaan Anda?

Sekarang, pikirkan kebiasaan lain yang Anda miliki. Dari 2 kebiasaan yang Anda identifikasi, mana yang lebih menonjol dalam kehidupan sehari-hari Anda? Sekarang bandingkan 2 isyarat potensial untuk setiap kebiasaan.

Karena tanda atau isyarat adalah awal percikan untuk setiap kebiasaan untuk terbentuk, salah satu alasan utama kebiasaan tidak sama adalah karena mereka masing-masing memiliki kualitas yang berbeda. Beberapa hanya lebih efektif daripada yang lain. Semakin teratur, semakin besar kemungkinan kebiasaan akan terbentuk.

 


Comments (0)