Tetap Positif dengan Hal Positif

Tetap Positif dengan Hal Positif

Dalam artikel ini saya ingin membagikan 8 kebiasaan baik, cerdas, dan efektif agar dapat selalu positif.

Semoga bermanfaat!

1. Temukan sudut pandang optimis dalam situasi negatif.

Salah satu cara paling sederhana tetapi paling efektif untuk membangun pandangan yang lebih positif misalnya ketika anda dalam situasi yang tampaknya negatif, mungkin malas, membuat kesalahan atau gagal maka saya bertanya kepada diri sendiri seperti:

Apa hal yang positif tentang situasi ini?

Apa peluang dalam situasi ini?

Namun pasti kita tidak selalu menggunakan pertanyaan-pertanyaan itu segera. Sering kali kita membutuhkan sedikit waktu untuk memproses pikiran dan perasaan yang muncul dalam situasi sebelum kita dapat melakukannya. Mencoba memaksakan pemikiran optimis ketika Anda masih dalam gejolak emosi atau sedikit terkejut biasanya tidak berhasil dengan baik.

2. Hidup di lingkungan yang positif.

Siapa yang Anda pilih untuk berteman dan menghabiskan waktu bersama ataupun sekedar bercerita hal akan memiliki efek besar pada pandangan Anda. Agar tetap positif, penting untuk memiliki pengaruh dalam hidup Anda yang mendukung Anda bukannya menjatuhkan Anda ke bawah.

Jadi hati-hati mempertimbangkan apa yang Anda masukkan ke dalam pikiran Anda. Anda juga dapat bertanya pada diri sendiri seperti : Siapa orang paling positif dan siapa yang paling negatif yang menghabiskan waktu dengan saya?

Pertimbangkan jawabannya. Kemudian pikirkan tentang bagaimana Anda dapat mulai mengatur menghabiskan waktu dengan orang-orang tersebut dan mungkin menghabiskan lebih banyak waktu yang sekarang dengan salah satu sumber atau orang yang paling positif dalam hidup Anda.

3. Bergerak dengan santai.

 Ketika anda berjalan terlalu cepat, ketika anda mencoba untuk berpikir, berbicara, makan dan bergerak dengan sangat terburu - buru maka semuanya tidak berjalan dengan baik. Mungkin ada waktu – waktu tertentu untuk melakukan hal tersebut tapi sebaik nya lakukanlah dengan santai.

Terlalu cepat bergerak hanya memicu stress, pikiran negatif tentang apa saja mulai meningkat dan mungkin anda merasa kekuatan anda menurun.

Tetapi jika anda mencoba melakukan dengan santai hanya untuk beberapa menit saja maka pikiran dan tubuh anda akan menjadi lebih tenang juga. Menjadi lebih mudah untuk memikirkan segala sesuatu dengan jelas lagi dan lebih mudah untuk menemukan perspektif yang optimis.

4. Jangan biarkan masalah kecil menjadi besar.

Ketika Anda ingin melakukan suatu hal jangan sekali – kali berpikir negatif tentang hal tersebut. Pikirlah hal positif maka hal tersebut akan menjadi sangat mudah. Contohnya anda mendapat tugas dari atasan yang cukup banyak, maka jangan mengeluh atau berpikir negatif sebelum melakukannya. Pikirlah itu hanya sebuah tugas dan anda yakin akan menyelesaikannya dengan segera.

Dengan cara ini anda tidak membutuhkan banyak waktu atau upaya dan dapat membantu Anda menghindari banyak pikiran membuat penderitaan.

5. Olahraga dan makan secara teratur dan tidur nyenyak.

Ini hal yang sangat mudah tetapi banyak yang susah melakukannya.

Dampak besar dari tidur malam yang nyenyak atau latihan yang baik dapat terjadi ketika pikiran saya kacau atau pesimis. Dan saya tahu betapa sederhananya berpikir dengan jelas dan optimis ketika perut saya tidak kosong.

Jadi saya sangat menyarankan untuk berhati-hati tentang kebiasaan dasar ini yang mungkin terdengar membosankan. Karena hal ini memiliki pengaruh yang sangat besar, tergantung bagaimana Anda mengaturnya.

6. Belajar untuk menerima kritik dengan cara yang sehat.

Salah satu ketakutan yang paling umum adalah ketakutan akan kritik. Ini dapat menahan orang dari melakukan apa yang mereka inginkan dalam hidup. Karena hal negatif mengalir keluar dari mulut atau dunia maya seseorang dapat menyakiti hati Anda.

Tetapi jika Anda ingin mengambil tindakan terhadap apa yang Anda inginkan secara mendalam, maka kritik tidak dapat dihindari. Jadi kuncinya adalah belajar untuk mengatasinya dengan cara yang lebih sehat. Dengan melakukan itu, rasa takut Anda akan berkurang.

Coba gunakan empat langkah di bawah ini mungkin dapat membantu Anda:

Langkah 1: Jangan langsung membalas. Ketika Anda marah atau kesal maka saatnya untuk tenang sedikit sebelum Anda menjawab. Ambil setidaknya beberapa napas dalam-dalam atau sedikit waktu untuk memproses pesan sebelum Anda menanggapi.

Langkah 2: Benar-benar mendengarkan kritik. Cobalah untuk tetap terbuka dan berkepala dingin dan cari tahu bagaimana pesan ini dapat membantu Anda. Tanyakan pada diri Anda: Apakah ada satu hal yang dapat saya pelajari dari kritik ini? Adakah sesuatu di sini yang mungkin tidak ingin saya dengar tetapi dapat membantu saya?

Langkah 3: Ingat bahwa kritik tidak selalu tentang Anda. Beberapa kritik sangat membantu. Beberapa hanya serangan karena mereka mengalami hari yang buruk. Untuk mengurangi sengatan kritik seperti itu cobalah untuk memahami. Saya berpikir pada diri sendiri bahwa orang ini mungkin tidak merasa begitu baik pada saat ini.

Langkah 4: Balas atau lepaskan. Tidak peduli isi dari email misalnya, saya mencoba untuk menjaga balasan saya berkepala dingin dan baik. Saya dapat menambahkan satu atau dua pertanyaan untuk mendapatkan umpan balik yang lebih spesifik yang bermanfaat. Dan jika mereka tidak membalas atau saya baru saja mendapatkan serangan yang buruk maka sudah waktunya untuk menghapusnya dan membiarkan situasi itu berlalu.

7. Mulailah hari Anda dengan cara yang positif.

Cara Anda memulai hari biasanya menjadikan bagaimana hari Anda berjalan.

Jadi hati-hati dengan bagaimana Anda menghabiskan pagi Anda. Jika Anda pergi dengan kecepatan penuh, memikirkan hal – hal yang tidak perlu maka Anda akan stres, kehilangan kekuatan dan pikiran negatif akan meningkat dengan cepat.

Jika Anda di sisi lain memulai hari Anda dengan bangun pagi, bergerak dengan santai, dengan melakukan percakapan yang menggembirakan dengan keluarga atau teman Anda atau Anda menghabiskan waktu dengan membaca atau mendengarkan artikel yang menginspirasi dan bermanfaat atau podcast selama sarapan atau selama perjalanan untuk bekerja maka itu dapat membuat perbedaan besar untuk bagaimana hari Anda akan berjalan.

8. Jadilah Positif.

Apa yang Anda berikan dan bagaimana Anda memperlakukannya adalah apa yang akan Anda dapatkan nantinya. Dan cara Anda memperlakukan orang lain dan cara Anda memikirkannya juga cenderung memiliki pengaruh besar pada cara Anda memperlakukan dan memikirkan diri sendiri.

Jadi berikan nilai dan sebarkan kepositifan dengan misalnya:

  1. Membantu.

Bantulah semampu Anda seperti memberi teman tumpangan. Jika dia membutuhkan informasi, maka bantu dengan mengeceknya di Google atau bertanya pada teman Anda. Atau bagikan apa yang membantu Anda dalam kehidupan.

  1. Dengarkan.

Terkadang orang tidak ingin bantuan langsung. Mereka hanya ingin seseorang berada di sana sepenuhnya dan mendengarkan saat mereka melampiaskan sebentar.

  1. Meningkatkan mood.

Tersenyum. Beri pelukan bila perlu. Mainkan musik yang meneguhkan saat bergaul dengan teman atau sarankan film yang menginspirasi untuk film malam Anda. Atau dorong ketika seseorang mengalami hari yang buruk atau sedang mengalami masa-masa sulit.


Comments (0)